banner 9 apps
banner 9 apps

Isi Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 Tentang Pendidikan

Isi Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 Tentang Pendidikan - Hallo sahabat Trik Gratisan DOT COM - Bahas Apapun Yang Gratisan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Isi Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 Tentang Pendidikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel UUD 1945, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Pendidikan merupakan bagian dari upaya untuk memampukan setiap insan untuk mengembangkan potensi dirinya agar tumbuh menjadi manusia yang tangguh dan berkarakter serta berkehidupan sosial yang sehat.

menurut perkembangan "Pendidikanselalu berubah dan berkembang secara progesif. Proses pendidikan yang dilaksanakan dalam upaya mencerdaskan bangsa serta mengembangkan watak bangsa menjadi lebih bermoral, itulah yang disebut system pendidikan nasional.

Dalam UUD 1945, pendidikan diarahkan bagi seluruh rakyat dengan perhatian utama pada rakyat yang kurang mampu agar dapat juga mengembangkan moral yang lebih baik yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Jika ketentuan UUD 1945 dicermati maka mengikuti pendidikan adalah hak asasi bagi setiap warga Indonesia dan itu merupakan kewajiban. Menghalangi dan melarang anak Indonesia untuk bersekolah adalah perbuatan yang melanggar hukum tertinggi (UUD 1945) dan ada sanksinya.

Berikut ini adalah isi dari "Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945"

  • Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan
  • Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib mbiayainya.
  • Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.
  • Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.
  • Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Untuk mencapai bangsa yang bermoral dan sejahtera maka diperlukan kualitas pendidikan yang baik dan sesuai. Pendidikan itu penting agar bisa meningkatkan moral dan kecerdasan bagi penerus bangsa. Bangsa yang menjadi pemimpin dan teladan adalah bangsa yang dapat memberikan kesempatan bagi warganya untuk mendapat pendidikan yang baik, karena awal dari kemajuan bangsa dilihat dari kualitas pendidikannya.

Nah itulah isi dari Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 Tentang Pendidikan


Demikianlah Artikel Isi Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 Tentang Pendidikan

Sekianlah artikel Isi Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 Tentang Pendidikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Isi Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 Tentang Pendidikan dengan alamat link http://trikgr4tis.blogspot.com/2016/08/isi-pasal-31-ayat-1-5-uud-1945-tentang.html

0 Response to "Isi Pasal 31 Ayat 1-5 UUD 1945 Tentang Pendidikan"

Post a Comment